Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Jitu Agar Cepat Naik Jabatan Di Perusahaan

8 Tips Jitu Agar Cepat Naik Jabatan Di Perusahaan
8 Tips Jitu Agar Cepat Naik Jabatan Di Perusahaan

Setelah anda kerja bertahun tahun di sebuah perusahaan, pasti terlintas di pikiran anda mengharapkan adanya kenaikan jabatan dari atasan, dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah melalui promosi jabatan.

Akan tetapi mengingat persaingan di dunia kerja sangatlah ketat, rasanya untuk memperoleh promosi jabatan tampaknya lebih sulit daripada yang anda bayangkan. Tapi meskipun begitu, anda jangan langsung berputus asa. 

Karena ada trik trik khusus yang bisa anda coba, bagaimana caranya agar atasan simpati melihat anda dan segera mempromosikan diri anda ke posisi yang lebih tinggi. Sebenarnya trik trik seperti apa yang harus di lakukan agar posisi kita bisa cepat naik di perusahaan.

Tips Jitu Agar Jabatan Cepat Naik Di Perusahaan

Ya meskipun cara ini tidaklah mutlak, akan tetapi setidaknya anda sudah menunjukan Etika dan kepribadian yang baik untuk perusahaan. Dan di bawah ini ada delapan tips sebagai gambaran untuk membuat performa anda menjadi power full di perusahaan

1. BEKERJA SECARA KONSISTEN

Bekerja secara konsisten, jujur, dan menjaga Integritas manfaatkan waktu anda sebaik mungkin untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jangan sampai atasan melihat Anda bersantai santai di meja kerja, atau bersantai santai di lapangan, apalagi sambil bermain gadget.

Bersantai di kantor tidak di larang, tapi lakukan pada moment yang tepat, yaitu saat jam istirahat tiba, dan jangan di saat jam kerja. Jika Anda merasa bosan atau stres dengan kerjaan, lebih baik jalan jalan di sekitar kompleks kantor untuk menghirup udara segar sambil menenangkan pikiran.

Tapi, jangan lupa untuk segera kembali ke meja kerja begitu Anda merasa lebih baik dari sebelumnya. Bekerja secara konsisten itu sangatlah penting untuk di perhatikan, karena itu adalah kunci keberhasilan anda.

Selain itu, jagalah kejujuran dalam bekerja dan selalu menjaga integritas anda. Sebab semua itu akan mempengaruhi kredibitas anda untuk menjadi pekerja yang bisa di percaya dan bisa di andalkan untuk perusahaan.

2. PUNYA MANAJEMAN WAKTU

Punya manajemen waktu sendiri untuk melakukan pekerjaan, tugas tugas yang di berikan oleh atasan sebaiknya di kumpulkan secara tepat waktu. Kalau bisa, dua atau tiga hari lebih cepat dari deadline yang telah di tetapkan. Bukan tanpa alasan, tugas sering di jadikan sebagai tolok ukur untuk menilai baik buruknya performa karyawan. 

Untuk itulah pentingnya memiliki manajemen waktu di dalam bekerja. Melakukan pekerjaan secara terorganisir dan tahu apa yang akan dan harus di kerjakan setiap waktu dan setiap harinya hingga bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan hasil yang maksimal.

3. SESUAIKAN PAKAIAN DENGAN BUDAYA

Menyesuaikan pakaian dengan budaya perusahaan. Menilai seseorang dari penampilannya terdengar tidak adil. Tapi, cara berpakaian setidaknya dapat menunjukkan kepribadian seseorang. Sebaiknya perhatikan pakaian Anda sebelum berangkat ke kantor. Berdirilah di depan Cermin untuk menilai penampilan diri anda sendiri sebelum orang lain yang menilainya.

Sesuaikan pula cara berpakaian dengan budaya kerja yang ada di perusahaan. Misalnya untuk perusahaan multinasional, anda perlu mengenakan pakaian formal, seperti jas, blazer, dan celana bahan. Buatlah atasan anda terkesima dengan penampilan agar peluang terlihat profesional atau tahu cara menempatkan diri. Nah dengan demikian peluang untuk di promosikan akan semakin besar. 

4. DATANG LEBIH AWAL PULANG LEBIH LAMA

Usahakan datang lebih awal, pulang lebih lama. Jika seorang karyawan selalu datang terlambat, siapa pun pasti akan tidak berkenan melihatnya. Apakah itu rekan kerja sendiri, apalagi atasan. Usahakan berangkat lebih awal agar Anda lebih cepat sampai di kantor, terutama jika jarak kantor atau tempat kerja jauh dari area tempat tinggal. Datanglah 15-20 menit lebih awal dari jam masuk kerja untuk melatih disiplin dan mempersiapkan diri sebelum jam kerja di mulai. 

Setelah jam kerja usai, biarkan anda bersantai sejenak di tempat kerja sebelum pulang ke rumah. Lakukan hal ini secara konsisten agar atasan simpatik kepada anda. Meskipun sederhana, kebiasaan ini menjadi nilai plus yang dapat menambah peluang anda untuk segera di promosikan oleh atasan. 

5. SELALU MENJAGA SIKAP DI DEPAN ATASAN

Selalu menjaga sikap di depan atasan. Keinginan untuk mendapat promosi hanya tinggal mimpi saja kalau atasan tidak menyukai sikap anda. Untuk itu perbaiki sikap selama kerja, seperti tutur kata, nada suara, cara berjalan, dan cara berbicara.

Tunjukkan sikap hormat kepada atasan dan sesama rekan kerja selama jam kerja berlangsung. Hindari sikap yang dapat menurunkan simpatik atasan kepada anda, seperti datang terlambat, suka menggosip, lalai mengerjakan tugas, dan kebiasaan memotong pembicaraan dalam rapat. Sikap seperti itu sangat tidak di benarkan dan atasan akan malah membencimu.

6. SELALU MENYAMPAIKAN PENDAPAT DALAM RAPAT

Selalu menyampaikan pendapat dalam rapat. Mau dapat perhatian lebih dari atasan? Bisa, dengan cara tampil saat meeting atau rapat kerja berlangsung. Tampil yang di maksud bukan hanya datang dan duduk diam saja, tapi ikut memberikan pendapat dan ide terkait topik yang sedang di bahas dalam rapat tersebut. 

Pendapat di terima atau tidak bukan menjadi persoalan, yang penting anda sudah berusaha memberikan masukan terbaik. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dan ingin andil dalam memajukan perusahaan. Sebagian rekan kerja mungkin tidak suka dengan tindakan anda ini karena terkesan mencari perhatian, tapi abaikan saja itu semua.

7. TIDAK BERGOSIP DAN MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN REKAN KERJA

Tidak boleh bergorsip dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, perselisihan atau salah paham merupakan hal biasa di tempat kerja. Namun, jangan biarkan perselisihan tersebut larut hingga berhari hari atau berminggu minggu yang dapat mengakibatkan kenyamanan kerja anda terganggu. 

Jangan ragu untuk meminta maaf atau memaafkan, sehingga keakraban di kantor selalu terjaga. Hadiri acara yang di adakan di luar jam kerja, seperti makan malam bersama, undangan pesta ulang tahun, atau nonton bareng yang berpotensi untuk menambah keakraban. 

Tunjukkan kepada atasan kalau Anda termasuk orang yang di senangi oleh rekan kerja di kantor. Karena rekan kerja adalah tim untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan.

8. BEDAKAN KEPENTINGAN PERUSAHAAN DAN KEPENTINGAN PRIBADI

Orang yang mendapat promosi dari atasan adalah orang orang pilihan yang memiliki performa kerja yang maksimal. Bagi anda yang saat ini baru terjun di dalam perusahaan silahkan anda mencoba  menerapkanlah trik trik di atas untuk mewujudkan keinginan Anda. 

Di samping itu, anda juga harus bisa membedakan mana kepentingan perusahaan dan mana kepentingan pribadi. Jangan membawa masalah pribadi ke dalam lingkungan kantor atau tempat kerja. Hal ini dapat merusak profesionalitas anda sebagai karyawan yang akan segera mendapat promosi dari atasan, oleh karena itu jangan pernah sekali sekali membawa masalah pribadi anda ke tempat kerja.

Oke ya teman teman, trik trik di atas silahkan anda coba semoga karier anda semakin baik dan posisi anda cepat naik dari posisi yang sebelumnya. Walaupun tidak keseluruhan sebagian Dari triks di atas juga sudah pernah saya coba sendiri. Dan hasilnya pun sangat memuaskan

Mulai saya bekerja sebagai karyawan biasa, hingga saya sampai mendapat kepercayaan dan menduduki jabatan sebagai Car Park Manager lokasi di samarinda central plazza. Ya meskipun kerjaan ini tidaklah terlalu istimewa buat saya, namun untuk memperoleh jabatan tersebut juga tidaklah mudah.

Sebagai kenang kenangan, ini ID Card masih saya simpan sewaktu saya masih menjabat sebagai Car Park Manager lokasi di Samarinda Central Plazza.

8 Tips Jitu Agar Cepat Naik Jabatan Di Perusahaan
ID Card Car Park Manager 

Untuk itu, agar anda juga bisa meraih jabatan yang anda inginkan di dalam perusahaan. Lakukanlah 8 tips sukses di atas dengan sepenuh hati dan jangan lupa sambil diiringi dengan doa, kejujuran dan niat hati yang Ikhlas.

Tanpa adanya kejujuran dan ke ikhlasan  dari hati anda sendiri di dalam bekerja, meskipun anda sudah menerapkan semua trik trik diatas, mustahil anda akan Mendapatkan Reputasi baik di perusahaan. 

Oke sobat Demikianlah Postingan mengenai 8 Tips Jitu Agar Cepat Naik Jabatan Di Perusahaan Semoga bisa di jadikan sebagai pedoman atau referensi, dan selamat mencoba ya semoga kesuksesan selalu menyertai Anda. 

Postingan ini saya akhiri cukup sampai disini, dan apabila ada kata kata yang kurang berkenan di hati harap maklum.

Arief Setiawan
Arief Setiawan Blogger Yang senang berbagi ilmu

Posting Komentar untuk "8 Tips Jitu Agar Cepat Naik Jabatan Di Perusahaan"